Saturday, February 10, 2007

Hari Pertama Kuliah

Beberapa ahli pendidikan dan praktisi pendidikan menyatakan bahwa hari pertama kuliah adalah sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran selama satu semester. Hal ini mungkin sejalan dengan pendapat bahwa kesan pertama harus menggoda supaya tahap berikutnya dapat dicapai. Hari pertama kuiliah disiapkan dengan baik karena baik mahasiswa dan dosen mungkin baru pertama kali bertemu. Dosen maupun mahasiswa perlu menyiapkan diri dengan baik agar proses pembelajaran selama satu semester dapat berjalan dengan baik. Sebagai dosen kita perlu persiapan yang baik pada hari pertama kuliah ini dengan tujuan agar: (1) mengurangi ketidakpastian dan ketakutan dari mahasiswa; (2) membantu menciptakan suasana belajar yang rileks dan terbuka untuk mendorong partispasi aktif dari mahasiswa; (3) membantu mahasiswa memahami keinginan dosen dan sebaliknya membantu dosen memahami keinginan mahasiswa akan matakuliah dan akan kita sebagai dosen matakuliah tersebut.
Ada tiga hal utama yang perlu dilakukan dosen untuk hari pertama kuliah, yaitu: (1) siapkan administrasi kelas (mis. Silabus, daftar hadir dll); (2) ciptakan suasana persahabatan dan terbuka dalam kelas; (3) tetapkan tujuan dan standar yang yang dipakai dalam pembelajaran. Secara praktis yang sebaiknya dilakukan sebelum hari pertama kuliah dilakukan adalah menyiapkan silabus dan melihat ruang kelas yang akan dipakai serta memastikan semua peralatan yang ada di dalam kelas dapat bekerja dengan baik.
Pada hari pertama kuliah dosen perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah administrasi seperti: (1) tuliskan dan sampaikan kepada mahasiswa nama dan kode matakuliah; (2) siapkan daftar hadir dan minta mahasiswa mengisi daftar hadir; (3) sampaikan kebijakan prodi atau fakultas tentang minimal kehadiran, syarat untuk dapat ikut ujian dan sebagainya; (4) sampaikan tujuan pembelajaran serta ketrampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki untuk dapat lulus; (5) sampaikan harapan dosen untuk partispasi mahasiswa di kelas; (6) sampaikan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kejujuran dalam ujian dan pengerjaan tugas yang menjadi kebijakan universitas; (7) meminta mahasiswa untuk membaca silabus dan mendiskusikannya dengan dosen; (8) mengundang mahasiswa untuk berdiskusi dengan dosen pada jam kerja dan memastikan mahasiswa mengetahui kantor dan jam kerja dosen; (9) meminta mahasiswa untuk membawa buku teks yang dipergunakan dalam kuliah.
Untuk dapat menciptakan suasana kelas yang terbuka dan bersahabat, pada hari pertama kuliah sebaiknya dilakukan beberapa hal ini: (1) perkenalkan diri kita sebagai dosen secara lengkap, bukan sekedar nama saja; (2) meminta mahasiswa untuk menuliskan identitas mereka secara lengkap termasuk email dan nomor telepon untuk mempermudah relasi; (3) belajar untuk mengenal mahasiswa secara personal, muali dari menghafal nama panggilan; (4) berikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membentuk kelompok sendiri dan berkomunikasi antar mahasiswa; (5) mendorong mahasiswa untuk saling menginformasikan nomor telepon dan email agar mereka dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.
Dosen sebaiknya menetapkan tujuan dan standar untuk matakuliah yang diampu. Pada hari pertama kuliah sebaiknya hal tersebut disampaikan kepada mahasiswa. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah: (1) mendiskusikan tujuan dari matakuliah; (2) meminta mahasiswa untuk membuat tujuan yang ingin dicapai dengan mengikuti matakuliah tersebut; (3) menggambarkan bagaimana proses pembelajaran akan dilakukan, bagaimana pembagian waktu kuliah akan dilakukan selama satu semester; (4) memberikan ide kepada mahasiswa bagaimana cara belajar dan mempersiapkan diri sebelum mengikuti kuliah; (5) jika memungkinkan buat tes awal untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman awal mahasiswa akan matakuliah yang diikuti, informasi ini penting untuk mendisain proses pembelajaran berikutnya; (6) meminta mahasiswa untuk mendiskusikan beberapa kata kunci yang berkaitan matakuliah di dalam kelompok kecil; (7) mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara untuk berpatisipasi dalam kelas dengan menggunakan kejadian yang aktual dalam masyarakat; (8) memberikan tugas kepada mahasiswa untuk pertemuan berikutnya; (9) meminta mahasiswa untuk menuliskan tanggapan mereka atas pengalaman mengikuti kuliah di hari pertama.

No comments: