Monday, February 4, 2008

Pembelajaran Aktif Reflektif


Pembelajaran aktif reflektif pada dasarnya meminta semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran yaitu dosen dan mahasiswa untuk memiliki kemampuan merefleksikan pengalaman dan kemauan untuk membagikan pengalaman tersebut dalam proses pembelajaran di kelas. Dosen diharapkan membagikan pengalaman yang diperoleh pada saat melakukan penelitian, pengabdian pada masyarakat dan juga pengalaman hidup sehari-hari yang relevan dengan topik matakuliah kepada mahasiswa. Demikian juga mahasiswa dapat membagikan pengalamannya kepada seluruh kelas. Dengan proses tersebut diharapkan baik dosen dan mahasiswa dapat menajdi pribadi pembelajaran sepanjang hayat dan lebih independent

Model pembelajaran ini mengintegrasikan antara kegiatan pembelajaran di dalam kelas (kurikuler) dan pembelajaran di luar kelas (ekstrakulikuler) sehingga mahasiswa dapat berkembang sebagai pribadi yang utuh yang memiliki keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri, keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik.

No comments: