Saturday, February 2, 2008

Reaksi Positif Pasar Modal Global


Setelah mengalami masa-masa “suram” dalam beberapa minggu terakhir, akhirnya bursa global mengalami situasi yang positif. Pada penutupan awal bulan Februari, hampir sebagian besar pasar modal global memberikan hasil positif. Indeks Dow Jones ditutup menguat 207,53 poin atau 1,67%. Indeks Bursa Efek Indonesia juga ditutup emnguat 19,57 poin atau 0,74% demikian juga dengan bursa Kuala Lumpur, Hongkong dan negara-negara lain. Salah satu bursa yang mengalami penurunan adalah burso Tokyo yang melemah 95,31 poin atau 0,70%.

Penguatan di sebagian besar pasar modal dunia ini sebagai respon akan penurunan suku bunga Fed untuk yang kedua kalinya. Diharapkan dalam hari-hari kedepan bursa global akan terus memberikan hasil positif sehingga diharapkan dapat memacu perekonomi global. Perekonomian Amerika sendiri berharap penurunan suku bunga Fed akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi Amerika ke arah yang lebih baik.

Di Indonesia sendiri penguatan pasar modal global diharapkan akan dapat memacu kembali gairah pasar sehingga target pertumbuhan investasi di pasar modal Indonesia di tahun 2008 ini dapat dicapai. Satu hal yang masih ditunggu adalah apakah penurunan suku bunga Fed ini akan segera diikuti oleh penurunan suku bunga BI. Kondisi ini memang sangat ditunggu mengingat situasi perekonomian dunia dan beban anggaran yang cukup berat di awal tahun 2008 ini. Penurunan suku bunga diharapkan dapat menggerakan sektor riil yang pada gilirannya dapat meningkatkan produksi nasional dan mengurangi jumlah pengangguran.

No comments: